Senin, 29 Januari 2018

Islam Sebagai Agama Rahmatan Lil ‘Alamin





Islam adalah agama rahmatan lil a’lamin karena dibawa oleh Muhammad bin Abdullah sebagai utusan yang mempunyai akhlak yang mulia. Allah SWT berfirman : “Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam”. (QS. Al-Anbiya:107).
Sebelum Nabi Muhammad lahir ada banyak kejadian ajaib sebagai wujud rasa cinta Allah kepada Nabi Muhammad SAW. Seluruh makhluk di dunia, para malaikat, dan para bidadari ikut menyambut kelahiran Nabi Agung penutup para Nabi & Rasul yang akan memberikan rahmat bagi semesta alam.
Islam adalah agama yang sempurna yang mengatur segala segi kehidupan manusia bahkan juga alam jin. Islam juga melarang manusia berlaku semena-mena terhadap makhluk Allah, lihat saja sabda Rasulullah sebagaimana yang terdapat dalam Hadis riwayat al-Imam al-Hakim, “Siapa yang dengan sewenang-wenang membunuh burung, atau hewan lain yang lebih kecil darinya, maka Allah akan meminta pertanggungjawaban kepadanya”.
Agama ini adalah agama yang diridhoi oleh Allah SWT, maka di dalam Islam terdapat Rahmat dan petunjuk yang jika dijalankan maka secara otomatis Rahmat Allah juga akan didapatkan.
Rahmat adalah kelembutan yang berpadu dengan rasa iba. Atau dengan kata lain rahmat dapat diartikan dengan kasih sayang. Di dunia ini rahmat Allah ditimpakan bukan hanya kepada orang beriman saja, tetapi juga kepada orang-orang yang tidak beriman. Tapi di akhirat rahmat Allah hanya untuk orang-orang yang beriman, sedang bagi orang-orang kafir mereka akan dipaksa menjalani siksa yang pedih.
Di dalam rahmat Allah terdapat banyak kebaikan, bahkan kebaikan tersebut lebih dari yang diidamkan oleh manusia sendiri. Tetapi kebanyakan manusia malah menempuh jalan yang bertentangan dengan jalan Allah, sehingga hidupnya menderita di dunia maupun di akhirat.
Semoga kita termasuk orang-orang beriman kepada risalah yang dibawa Nabi Agung Muhammad SAW, kekasih yang paling dicintai-Nya. Yang nurnya diciptakan sebelum Allah menciptakan makhluk lain. Sehingga kita mendapatkan Rahmat Allah SWT, yang akan menjadikan kita selamat dan bahagia fidunya wal akhirat. Amin ya robbal a’lamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar