Senin, 05 Februari 2018

Arti Pemimpin Dalam Islam





Setiap dari kita adalah pemimpin baik itu memimpin diri sendiri, keluarga, masyarakat, bahkan suatu Negara. Di dalam Islam pemimpin bisa berarti adalah pelayan, seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda, “Pemimpin suatu kaum adalah pelayan mereka.” (HR Ibnu Asakir, Abu Nu’aim).
Konsep pelayan mencerminkan pemimpin sejati. Jika yang dipimpin ialah diri sendiri, maka ia akan sepenuh hati melayani dirinya. Memenuhi segala kebutuhan dalam jiwa dan raganya. Kebutuhan jiwa ialah berupa iman dan takwa. Karena tanpanya, hidup menjadi kosong dan hampa. Sedangkan kebutuhan raga berupa kesehatan. Sehingga kita harus melayani tubuh kita dengan mengatur apa yang kita makan dan berolahraga secara rutin dalam sepekan.
Dan jika yang dipimpin ialah suatu negeri, maka ia akan melayani warganya dengan rasa tulus untuk mengabdi. Memastikan segala kebutuhan warganya terpenuhi, yaitu kebutuhan akhirat dan duniawi. Kebutuhan akhirat dengan menjamin bahwa setiap warga memahami ajaran agamanya masing-masing dan mengamalkannya dengan damai. Kebutuhan duniawi dengan menjamin bahwa yang dilayani bisa menjalani hidup layak sebagai manusia yang mempunyai martabat diri.
Selain itu seorang pemimpin harus mempunyai beberapa kriteria sebagai berikut :
1. Adil dengan ketentuan-ketentuannya.
2. Ilmu yang bisa mengantar kepada ijtihad dalam menetapkan permasalahan kontemporer dan hukum-hukum.
3. Sehat jasmani, berupa pendengaran, penglihatan dan lisan, agar ia dapat langsung menangani tugas kepemimpinan.
4. Normal (tidak cacat), yang tidak menghalanginya untuk bergerak dan bereaksi.
5. Bijak, yang bisa digunakan untuk mengurus rakyat dan mengatur kepentingan negara.
6. Keberanian, yang bisa digunakan untuk melindungi wilayah dan memerangi musuh.
Selain itu seorang pemimpin juga harus dekat dengan Allah, juga dekat pula dengan rakyatnya. Sehingga terjalin hubungan yang harmonis antara Allah seorang pemimpin dan rakyatnya. Jika seorang pemimpin dekat kepada Allah maka dia bisa meminta keberkahan rahmat dan karunianya untuk wilayah yang dipimpinnya dan untuk semua rakyatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar