Sabtu, 03 Februari 2018

Ciri-ciri Seorang Santri




Ada banyak ciri seorang santri, diantaranya adalah :
1.      Santri yang selalu menyelipkan pena serta satu buku kecil di saku bajunya.
Nabi Muhammad SAW bersabda : “ikatlah ilmu dengan menuliskannya.” Seorang pencari ilmu semestinya haus akan faidah. Dan ilmu – ilmu serta hikmah kebijaksanaan itu bisa datang kapan saja dan dimana saja dan dari siapa saja. Dengan ujung penanya maka seluruh faidah tersebut dengan cepat dia catat dan akan abadi didalam penguasaannya .
2.      Berakhlak Baik.
Ciri khas seorang santri, diantaranya ketika berbicara dengan siapapun selalu berkata dengan sopan dan lemah lembut. Sikap sopan merupakan cermin jatidiri santri pesantren. Sebab tugas Rasulullah SAW diutus ke dunia adalah untuk menyempurnakan ahlak. Oleh karena itu para santri diminta untuk selalu meneladani jejak Rasulullah, diantaranya dengan selalu bertutur kata yang sopan dan bertingkah laku baik.
Santri itu berbicara yang teduh, santri itu yang ngayomi, santri itu yang lemah lembut yang sejuk, yang damai
3.      Orang yang menjalankan perintah agama dan taat kepada kyiai
Santri tidak hanya label bagi yang keluaran pesantren, walaupun bukan alumni pesantren tapi beragama Islam, taat menjalankan perintah agama dan hormat kepada kiai, itu sudah dikatakan santri. Walaupun lulusan SD, SMP, SMA, universiatas UI atau Gajah Mada, UNPAD, tapi hormat kepada kiai dan dia menjalankan perintah agama, ibadah, itu sudah kita panggil santri.

Itulah tadi sebagian ciri-ciri seorang santri yang penulis ambil dari berbagai sumber, semoga ulasan yang sedikit ini menjadi amal kebaikan bagi saya dan bermanfaat bagi kita yang membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar