Selasa, 08 Mei 2018

Kawan Terbaik





Kawan merupakan sesuatu yang berpengaruh dalam kehidupan kita, bagaimana tidak dengan siapa kita berkawan hal itu akan mempengaruhi kepribadian kita, dan kepribadian kita sangat berpengaruh terhadap nasib kita.
Rasullah menganjurkan kepada kita agar berkawan dengan orang yang akhlaknya baik dan menjauhkan diri dari orang yang akhlaknya jelek. Beliau memberikan perumpamaan tentang teman yang baik dan teman yang buruk dalam sebuah hadist, : “Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628)
Kawan yang baik mempunyai beberapa sifat diantaranya adalah sikap wara’, ilmu, dan adab. Yang apabila kita bergaul dengannya sedikit banyak kita akan ketularan sifat-sifatnya tersebut, syukur-syukur kita akan juga mendapatkan sebagian ilmu yang dia miliki, sekaligus kita mungkin juga mendapatkan banyak hidayah-Nya setelah bergaul dengan orang-orang yang berakhlak baik. Di dalam hati orang yang berakhlak baik ada kebaikan yang akan membuat kita nyaman jika bersamanya dan kita akan merindukannya jika sudah tidak ada. Sedangkan kawan yang buruk hanya akan membawa keburukan, karena mereka mempunyai sifat-sifat yang buruk seperti suka berkata-kata keji, suka melakukan perbuatan-perbuatan dosa, sombong, dan sifat-sifat buruk lainnya yang secara sadar atau tidak sadar akan mempengaruhi kepribadian kita. Karena apa yang kita dengar, lihat dan rasakan secara tidak sadar akan meresap ke dalam jiwa kita.
Demikianlah artikel yang tidak seberapa ini, semoga bisa menjadi pengingat baik bagi penulis maupun pembaca sekalian. Dan semoga kita selalu diberi hidayah oleh-Nya, agar bisa mendapatkan teman yang baik dan dijauhkan dari teman yang buruk. Aminn..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar