Sabtu, 01 Juni 2019

Fatimah Az-Zahra


Fatimah Az-Zahra adalah puteri bungsu Rasulullah SAW dari istrinya Khadijah binti Khuwalid. Ia adalah sosok perempuan yang sabar, taat, baik, kreatif, qana'ah, ahli puasa, ahli shalat, dan selalu bersyukur kepada Allah SWT.
Ia merupakan isteri dari sahabat Nabi yaitu Ali bin Abi Thalib r.a menikahi Fathimah pada bulan Dzul Qa'dah atau sebelumnya tahun kedua hijriyyah setelah perang Badar dengan mahar sebuah baju besi untuk berperang miliknya dan ia baru mengumpulinya setelah perang Uhud. Ketika itu Fathimah berusia 15 tahun lebih 5 bulan.
Dari pernikahan mereka lahirlah Hasan, Husein, Muhsin, Ummu Kultsum, dan Zainab. Kemudian setelah dewasa, putrinya Ummu Kultsum dinikahi oleh Umar bin Al-Khattab, dan Zainab dinikahi oleh Abdullah bin Ja'far bin Abi Thalib.
Aisyah r.a mengatakan bahwa cara jalan, berbicara, dan bercerita Fathimah sangat mirip dengan Rasulullah SAW. Fatimah sangat disayangi oleh Rasulullah, setiap Fatimah datang berkunjung ke rumah Rasulullah, beliau selalu menyambut dengan hangat, beliau mengatakan, "selamat datang wahai putriku." Lalu beliau mencium keningnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar