Minggu, 16 Juni 2019

Tetap Rajin Ibadah Meskipun Ramadhan Telah Usai


Setiap datang bulan Ramadhan orang-orang selalu rajin dalam mengerjakan ibadah, tapi setelah Ramadhan usai mereka kembali tidak mengerjakan ibadah-ibadah tersebut.
Seperti shalat malam, bertadarus, berpuasa, bahkan ibadah-ibadah yang wajibpun sering dilupakan.
Padahal Rasulullah selalu mengingatkan agar menjaga kontinuitas dalam beribadah.
"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Wahai 'Abdullah, janganlah engkau seperti si fulan. Dulu dia rajin mendirikan shalat malam, lalu sekarang dia meninggalkan shalat malam." (HR. Bukhari no. 1152 dan Muslim no. 1159)

Selain ibadah shalat ada ibadah lain yang perlu kita perhatikan, yaitu ibadah puasa, walaupun tidak diwajibkan tetapi ibadah puasa perlu kita lakukan karena Rasulullah sendiri juga sering melakukannya. Ibunda 'Aisyah radhiyallahu 'anha berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tidak pernah melaksanakan puasa yang lebih banyak dalam sebulan melebihi puasa beliau di bulan Sya'ban. Beliau melaksanakan puasa bulan Sya'ban seluruhnya. Beliau bersabda, "Lakukanlah amal-amal yang kalian sanggup melaksanakannya, karena Allah tidak akan bosan (dalam memberikan pahala) sampai kalian yang lebih dahulu bosan (dari mengerjakan amal)." Dan shalat yang paling Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam cintai adalah shalat yang dijaga kesinambungannya sekalipun sedikit. Dan bila beliau sudah terbiasa melaksanakan shalat (sunnah), beliau menjaga kesinambungannya." (HR. Bukhari no. 1970 dan Muslim no. 741)

Kontinuitas dalam beramal inilah yang harus kita jaga,
Dari 'Alqamah, beliau berkata,
"Aku bertanya kepada 'Aisyah radhiyallahu 'anha, apakah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengkhususkan hari-hari tertentu dalam beramal?" Dia Menjawab, "Tidak. Beliau selalu beramal terus-menerus tanpa putus. Siapakah dari kalian yang akan mampu sebagaimana yang mampu dikerjakan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam?" (HR. Bukhari no. 1987 dan Muslim no. 741)
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
"Sesungguhnya amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah amal yang terus-menerus dikerjakan (kontinyu) walaupun sedikit." (HR. Bukhari no. 6464 dan Muslim no. 783)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar